Selamat datang di SlendangWetan Institut, Blognya orang yang "sadar diri" !

5.01.2008

Gambaran Skripsiku

LEMBAR PERSETUJUAN

Proposal Skripsi dengan judul

PENGARUH PERUBAHAN ALAM MIKRO (MANUSIA)

TERHADAP PERURUBAHAN ALAM MAKRO (ALAM SEMESTA)

yang diajukan oleh
RANGGA RAMDAN SYAH

NIM: E01205005

Telah disetujui oleh Jurusan Aqidah Filsafat IAIN Sunan Ampel Surabaya dengan dosen pembimbing:

1. …………………………………………………………….

2. …………………………………………………………….

Surabaya, tanggal……………………

Ketua Jurusan Aqidah Filsafat

Drs.Lukisno


1.1 Latar Belakang Masalah

Sejak akhir tahun 2006 banyak sekali bencana alam yang bersusulan terjadi di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mulai dari badai besar di Aceh atau yang disebut oleh para ahli Meteologi dan Geofisika sebagai tsunami yang meluluh lantakan sebagian besar kewilayahan Aceh dan negara Asia tenggara lainnya. Kebanyakan terjadi tsunami diwilayah samudara pasifik, terutama di Jepang dan Hawai.

Dalam sejarah tsunami pertamakali terjadi di Lisboa ibu kota Portugal pada tanggal 1 November 1755 dan menelan korban 60.000 jiwa. Kemudian di Indonesia pada tanggal 26 Agustus 1883, terjadi letusan Gunung Krakatau dan tsunami yang menewaskan lebih dari 36.000 jiwa. Bukan hanya bencana stunami saja yang terjadi akhir-akhir ini seperti banjir yang hampir seperti tradisi orang Jakarta, longsor, gunung meletus. Apa lagi sekarang hampir diperkirakan seluruh wilah Jawa terkena banjir, seperti Bojonegoro, Mediun, Trenggalek, Lamongan dan sebagainnya. Yang jadi pertannya kita apa yang menjadi penyebab ketidak teraturannya alam ini bahkan badan studi meteologi dan geofisika sulit untuk memprediksi datangnya gempa bahkan salah memprediksikannya, contoh nyata yang barusan terjadi tentang status Gunung Kelud yang dinyatakan dalam status awas, yang dimana dalam keadan ini diperkirakan gunung tersebut akan meletus. Namun pada kenyaatannya anak Gunung Krakatau yang dalam status siaga justru meletus.

Menanggapi ketidak teratruran dan seringnya bencana alam yang diakibatkan pemanasan global banyak elemen-elemen masyarakat atau aktivis pencintaa alam mengkampanyekan untuk melestarikan lingkungan dengan menamam pepohonan seperti apa yang telah di lakukan oleh Mahasiswa Perta Surabaya, dan juga tentang penggurangan gas karbondioksida yang dapat menipiskan atmosfer.

Pemanasan global adalah kejadian meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer, laut dan daratan Bumi. Planet Bumi telah menghangat (dan juga mendingin) berkali-kali selama 4,65 milyar tahun sejarahnya. Pada saat ini, Bumi menghadapi pemanasan yang cepat, yang oleh para ilmuan dianggap disebabkan aktifitas manusia. Penyebab utama pemanasan ini adalah pembakaran bahan bakar fosil, seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam, yang melepas karbondioksida dan gas-gas lainnya yang dikenal sebagai gas rumah kaca ke atmosfer. Ketika atmosfer semakin kaya akan gas-gas rumah kaca ini, ia semakin menjadi insulator yang menahan lebih banyak panas dari Matahari yang dipancarkan ke Bumi. Jadi intinya Bumi kita memanas karena sinar matahari yang sudah masuk ke bumi kita tidak bisa keluar lagi karena gas-gas rumah kaca tadi membentuk lapisan di atmosfer yang memantulkan sinar matahari tadi.

Dalam padangan para ulama atau kaum agamawan, banyaknya bencana yang terjadi termasuk di Indonesia yang terjadi bersusulan ini bahwkan diperkirakan pulau jawa akan tenggelam__itu karen murka Tuhan atau balak atau Adzab dari Allah SWT. Di mana orang zaman sekarang menurut kaum agamawan__banyak melakukan ma’syiat dan menjauh dari Tuhan sehingga murka-Nya lah yang bicara.

Jadi kalau kita lihat beberapa pendapat elemen-elemen masyarakat baik secara ilmiah atau pandangan dari ilmuwan dan dari sudut pandang kaum agamawan, faktor penentu yang mengakibatkan ketidak serasian alam semesta hingga mengakibatkan bencana dimana-mana ialah manusia sebagai subjek untama atau kator utama dalam keseruatan alam ini.

1.2 Rumusan Masalah

Berpijak dari uraian yang telah dikemukakan pada latar belakang masalah, dapat dirumuskan masalah yang akan diteliti dalam hal ini adalah bagaimana keterkaitan antara manusia yang secara filosofis adalah alam mikro dengan alam makro atau alam jagat raya ini.

1.3 Batasan Masalah

Pada Pengeruh Perubahan Alam Mikro (manusia) terhadap Perubahan Alam Makro (Alam semesta) ini diberikan pembatasan masalah sebagai berikut:

· Pengaruh perubahan manusia yang ditilik sebatas dari pola hidup atau pandangan hidup (way of life ).

· Pandang hidu atau pola hidup manusia sebatas dari intensitas pritualitas seseorang dan juga Psiologi seseorang tersebut.

· Metode yang dipakai adalah Fenomenologi Husserl sertya menggunakan kajian pustaka.

1.4 Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa signifikankah pengaruh perubahan manusia baik secara psikologis dan psiritual seseorang terhadap perubahan alam semesta yang akhir-akhir ini mengalami perubahan yang berdampak kepada nasip menusia di muka bumi ini.

1.5 Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian ini antara lain sebagai masukan dan memperkaya pengetahuan mahasiswa terutama mahasiswa dan masyarakat pada umumnya sehingga dapat merubah pandangan hidup (way of life) masyarakat atau pola hidupnya yang cenderung individualis dan berorientasikan kepada kesenangan semata (hidonis) sehingga menghilanggkan aspek spiritualitas yang mempengaruhi psikologi sesorang yang tidak mudah terkontrol.

1.6 Metode Penulisan

Metode sejarah atau cara memperoleh informasi dalam penelitian ini adalah dengan melihat fenomena masyarakat sertab melihat gejala alam dan ditambah dengan kajian pustaka atau teori-teori yang mengungkapkan jatidiri manusia yang mempunyai keterikan terhadap alam raya.

1.7. Daftar Pustaka

­__Hikmah-hima Serat Jayabaya, (diterjemahkan dari; Lesson from Jayabaya ); Nirwana, Yogyakarta 2003.

__Brouwer,M.A.W., Alam Manusia dalam Fenomenologi, PT Gramedia, Jakarta 1988.

__Hadi,P. Hardono., Jatidiri Manusia Berdasarkan Filasafat Organisme Whitehead, Kanisisus, Yogyakarta 1996.

__Khan, Hazrat Inayat., Dimensi Spiritual Psikologi, Pustaka Hidayah, Bandung 1981.

_Suryadipura, R.Paryana., Manusia dengan atomnya dalam Sehat dan Sakit (antropologi bersarkan Atomfisika), Bumi Aksara, Jakarta 1994.

_Kitab Tai Shang Lao Jun Zhen Jing

_Kitab Tao

_Kitab Erl Lang Shen cen ci

_Primbon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kibod Arabi